Sebar Informasi Bohong Covid-19, Ibu Hamil Ini Ditangkap

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, saat memberikan keterangan pers di Mapolda NTB, Kamis, (26/3).

Indonesiainside.id, Mataram – Ibu hamil berinisial EDA (31), warga Desa Kekeri, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, ditangkap karena menyebar informasi hoaks. Itu ia sebarkan melalui akun facebook miliknya bernama Ummi DiyNa.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, mengatakan pelaku menulis informasi hoaks itu pada Senin, 23 Maret 2020. Ia menulis Innalilahi wa innailaihi roojiun di Aikmel positif barusan meninggal”.

“Informasi itu kami telusuri ke Dinas Kesehatan, dan RSUD Lombok Timur. Namun, itu informasi hoax atau tidak benar,” kata Artanto, saat memberikan keterangan pers di Mapolda NTB, Kamis, (26/3).

Dia mengungkapkan, motif pelaku menyebar informasi hoaks untuk melindungi diri dan keluarga. Pelaku memperoleh informasi hoax itu melalui facebook.

Selain itu, pelaku mengaku menyesal atas perbuatan yang dilakukan. Kini pelaku dalam kondisi depresi dan tidak dapat menghadiri konferensi pers terkait kasus hoaks yang ia sebarkan.

“Pelaku tidak ditahan dan hanya menjalani wajib lapor. Meski demikian, pelaku tetap dijerat pasal 28 ayat 1 undang-undang informasi dan transaksi elektronik (ITE),” ujarnya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here