Suami Terdakwa Korupsi APBDes Denpasar Bertemu Hakim Tipikor, Ada Apa?

Ilustrasi korupsi. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Denpasar – Apa jadinya jika para pihak yang berperkara dalam kasus korupsi bertemu dengan hakim tibdak pudana korupsi (tipikor)? Hal ini pula yang terjadi pada Kamis (2/4), kali ini suami dari terdakwa korupsi bertemu dengan majelis hakim dan didampingi oleh Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara.

Informasi yang dihimpun, pertemuan ini berlangsung pada Kamis kemarin. Saat itu Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, bersama I Made Agus Wiragama, suami terdakwa kasus dugaan korupsi dana Silpa APDdes Dauh Puri Kelod, dan juga saksi, yakni mantan Kades Dauh Puri Kelod yang saat ini duduk di DPRD Kota Denpasar, I Gusti Made Namiartha, menemui Ketua Majelis Hakim Tipikor sekaligus menjabat Waka PN Denpasar.

Diketahui sehari sebelumnya, Rumega menyidangkan perkara dengan terdakwa Ni Putu Ariyaningsih. Si suami inilah yang ikut naik ke lantai II ruangan Rumega.

Lalu apa tanggapan Rumega?

Rumega yang dikonfirmasi mengaku tidak tahu bahwa yang diajak Wakil Walikota Denpasar menghadap dirinya selaku ketua majelis hakim adalah suami terdakwa korupsi. Dia membantah jika dia membahas soal korupsi APBDes yang sedang disidangkan. Dia berdalih pertemuan tersebut hanya membahas soal perkembangan Covid-19.

“Kami minta bantuan penyemprotan karena kami tidak punya anggaran untuk penyemprotan,” ujarnya.
Ketika ditanya terkait kehadiran anggota dewan Namiartha dan Agus Wiragama yang merupakan keluarga terdakwa dalam pertemuan tersebut, Rumega enggan menjawab. Dia mengatakan jika pertemuan tersebut bukan untuk membicarakan kasus korupsi APBDes Daub Puri Kelod. “Saya tidak membicarakan soal itu (perkara korupsi APBDes, red),” bantahnya saat dikonfirmasi awak media.

Saat didesak soal etika hakim karena bertemu pihak-pihak yang berperkara termasuk keluarga terdakwa, Rumega kembali membantah. Termasuk saat ditanya apakah Jaya Negara datang untuk membicarakan soal perkara korupsi APBDes Dauh Puri Kelod. “Tidak bicara soal itu,” tegasnya.

Versi dia, dirinya baru mengetahui jika Agus Wiragama merupakan suami terdakwa Ariyaningsih usai pertemuan.

Lalu apa tanggapan Wakil Walikota?

Wakil Walikota Jaya Negara dikonfirmasi via telp oleh wartawan mengaku jika dirinya dan Rumega ada urusan pribadi. Disinggung kehadirannya bersama anggota dewan Namiartha dan Agus Wiragama yang merupakan suami terdakwa Ariyaningsih, Jaya Negara mengatakan jika pertemuan tersebut membahas soal Permen Hukum dan HAM.

“Kami membahas soal adanya narapidana yang dipulangkan karena kondisi tahanan yang tidak memungkinkan karena Covid-19 ini. Kami hanya diskusi soal ini,” terangnya. Terkait kehadiran suami terdakwa Ariyaningsih, Jaya Negara mengatakan wajar karena sebagai suami terdakwa. “Dia kan memang harus mendapat penjelasan soal ini,” ungkpanya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here