Mantan Bos Lippo Cikarang Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

Eks Presiden Direktur PT Lippo Cikarang, Bartholomeus Toto. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengeksekusi eks Presiden Direktur PT Lippo Cikarang, Bartholomeus Toto, ke Lapas Kelas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Eksekusi terhadap pria itu berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

“Jaksa Eksekusi KPK Nanang Suryadi pada 6 Mei 2020, telah melaksanakan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Bandung Kelas IA Khusus Nomor: 8/Pid.Sus-TPK/2020/PN Bdg Tanggal 15 April 2020 atas nama terdakwa Bartholomeus Toto yang telah berkekuatan hukum tetap,” ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangannya di Jakarta, Selasa (12/5).

Toto adalah terpidana perkara suap pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. “Adapun eksekusi badan terpidana dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin, Bandung,” ujar Ali.

Pada 15 April lalu, majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Bandung telah menjatuhkan vonis terhadap Toto pidana penjara selama 2 tahun dan denda sebesar Rp150 juta subsider 1 bulan kurungan.

Toto telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam Pasal 5 ayat 1 huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP sebagaimana dalam dakwaan kedua.

Vonis tersebut lebih rendah dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) KPK yang menuntut Toto dengan pidana penjara 3 tahun dan denda Rp200 juta subsider 2 bulan kurungan. (AIJ/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here