Wah…Habib Bahar bin Smith Dipindah ke Nusakambangan

habib bahar bin smith
Habib Sayyid Bahar bin Smith. Foto: Istimewa

Indonesiainsdie.id, Jakarta – Ulama Habib Bahar bin Smith segera dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah. Kepastian kepindahan itu diutarakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), dalam siaran persnya hari ini (20/5).

“Pemindahan ini dilakukan demi kepentingan pengamanan dan pembinaan. Ini merupakan konsekuensi dari pelanggaran atas asimilasi yang diberikan pada yang bersangkutan,” demikian pernyataan siaran pers itu.

“Kelapas Gunung Sndur sudah berkoordinasi dengan Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat. Ditjen Pemasyarakatan juga setuju dipindah ke Nusakambangan,” tutur Dirjen Lapas, Reynhard Silitonga.

Belum ada penjelasan kapan pemindahan akan dilakukan. Habib Bahar kala itu diputuskan bersalah dan melakukan kekerasan terhadap anak-anak (santrinya).

Habib Bahar sempat menghirup udara bebas tiga hari. Namun, ia kembali dimasukkan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (19/5). Ia kembali ditangkap pada Selasa dini hari pukul 02.00 di kediamannya.

Aparat menilai, Habib Bahar melakukan pelanggaran asimilasi yang diberikan kepadanya. Ulama nyentrik bermbut panjang dan pirang ini dinilai melakukan kegiatan yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

Kala itu Habib Habar melakukan ceramah di pondok pesantrennya. Dia dianggap memberikan pernyataan yang provokatif. Ia juga dianggap menyebarkan kebencian pada pemerintah dan rasa permusuhan.

Selain itu, ada pelanggaran lain yang ditudingkan kepadanya. Tindakannya bicara di depan khalayak itu dinilai melanggar ketentuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ini merupakan pelanggaramnkarena Bogor masuk zona merah pandemi corona (Covid-19) yang menerapkan PSBB. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here