Wiranto dan Ajudannya Dapat Kompensasi terkait Kasus Penusukan

Suasana sidang vonis penusuk mantan Menko Polhukam, Wiranto di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (25/6/2020). (ANTARA/Devi Nindy)

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto mendapatkan kompensasi atas insiden penusukan terhadap dirinya oleh terdakwa Syahrial Alam alias Abu Rara. Pemberian kompensasi yang diajukan Lembaga Perlindungan Saksi Dan Korban (LPSK), atas perintah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat kepada Kementerian Keuangan RI.

“Majelis hakim berpendapat kompensasi yang diajukan penuntut umum dapat dikabulkan,” ujar Ketua Majelis Hakim Masrizal di Jakarta, Kamis (25/6).

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) itu berhak mendapatkan ganti rugi atas insiden penusukan dirinya sebesar Rp37 juta. Sementara korban lainnya, ajudan Wiranto yakni Fuad Syauqi berhak mendapatkan ganti rugi sebesar Rp28 juta.

“Dibebankan kepada Negara melalui Menkeu RI untuk memberikan hak kompensasi bagi para korban yang perhitungan yang disampaikan melalui LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban),” ujar Masrizal.

Majelis Hakim berpendapat kompensasi itu sesuai dengan Pasal 35 A tentang perlindungan saksi dan korban. “Menimbang bahwa berdasarkan Pasal 35 A korban merupakan tanggung jawab negara. Salah satunya adalah memberikan kompensasi yang diperhitungkan oleh lembaga negara yang menyelenggarakan di bidang perlindungan saksi dan korban,” kata Masrizal. (Aza/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here