Masih Banyak Koruptor Buron Berkeliaran, Penangkapan Djoko Tjandra Belum Cukup

Djoko Soegiarto Tjandra merupakan bukti keseriusan Polri dalam menangani kasus tersebut. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Penangkapan buronan kasus cessie Bank Bali, Djoko Tjandra, dinilai belum cukup. Pasalnya, masi banyak koruptor buron yang berkeliaran di dalam maupun luar negeri.

“Keberhasilan menangkap Djoko Tjandra belum cukup untuk memuaskan rasa keadilan bersama, karena publik masih mencatat ada puluhan buronan koruptor yang belum ditangkap aparat penegak hukum,” kata Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), di Jakarta, Jumat (31/7).

Bamsoet lalu mengajak masyarakat mengawl proses hukum Djoko Tjandra. Termasuk mendesak agar aparat penegak hukum menindak tegas pihak yang membantu Djoko Tjandra melarikan diri.

Seperti diketahui, Mabes Polri berhasil menangkap Djoko Tjandra pada Kamis malam (30/7). Djoko Tjandra telah menjadi buronan selama 11 tahun demi menghindari hukuman2 tahun penjara.

Nama Djoko Tjandra kembali mencuat ke publik setelah ia tiba-tiba mendaftarkan Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pad 8 Juni 2020. Dia juga diketahui sempat membut E-KTP di Kelurahan Grogol Selatan, Jakarta Barat, dan paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Utara.

“Partisipasi rakyat sangat penting dalam melakukan pengawasan di pengadilan. Sehingga bisa meminimalisir potensi terjadinya penyelewenan kekuasaan kehakiman. Jangan sampai polisi sudab bekerja keras malah dimentahkan di pengadilan,” ucap Kurnia. (Msh)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here