Kasus Harun Masiku Dinilai Lebih Berbahaya dari Djoko Tjandra, Refly Harun: Pengaruhi Integritas Pemilu

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Pakar Hukum Tatan Negara, Refly Harun, menilai kasus eks caleg PDI Perjuangan, Harun Masiku, lebih berbahaya jika dibandingkan dengan kasus korupsi Bank Bali, Djoko Tjandra. Harun Masiku terjerat kasus penyuapan komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Namun sampai saat ini penegak hukum belum mampu menemukan keberadaan Harun Masiku.

Refly Harun mengatakan, kasus Harun Masiku berdampak pada integritas pemilu di Indonesia. “Ada yang berpendapat begini, kalau bicara demokrasi dan konstitusi, election, kasu Harun Masiku lebih berbahaya daripada Djoko Tjandra,” ucap Refly Harun di Jakarta, Senin (3/8).

Menurut dia, terungkapnya kasus Harun Masiku memunculkan presepsi negatif di publik. Masyarakat bisa saja beranggapan bahwa banyak dewan yang ‘dimenangkan’ oleh KPU, hanya saja tidak terdeteksi oleh KPK.

“Kasus Harun Masiku itu, mempermasalahkan, tanda tanya kepada integritas Pemilu. Termasuk penyelenggara Pemilu. Orang akan bertanya, jangan-jangan banyak yang lobi-lobi, yang tadinya tidak jadi (anggota dewan), malah menjadi. Ini kan gawat,” ucap Refly Harun. (NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here