Sindikat Pemalsu STNK Lintas Provinsi Disikat Polisi

DZ, tersangka pemalsuan STNK yang berhasil ditangkap Polsek Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. (ANTARA/Anggi Romadhoni)

Indonesiainside.id, Pekanbaru – Kepolisian Sektor Tampan, Kota Pekanbaru, membekuk seorang tersangka yang merupakan dedengkot pemalsu surat tanda nomor kendaraan (STNK) serta surat ketetapan pajak daerah yang telah beraksi tidak hanya di provinsi Riau melainkan hingga pulau Jawa.

“Tersangka telah melancarkan aksinya sejak 2018,” kata Kapolsek Tampan KotaPekanbaru, Kompol Hotmartua Ambarita di Pekanbaru, Sabtu (22/8).

Tersangka berinisial DZ (39) itu ditangkap di Jalan HR Soebrantas pada Rabu (19/8), setelah kepolisian mencium peredaran STNK palsu di Kota Pekanbaru. DZ ditangkap Unit Reskrim Polsek Tampan yang dipimpin Iptu Bahari Abdi usai penyelidikan panjang.

Tersangka pun tak dapat mengelak ketika dia membawa sejumlah STNK milik pemesan. Usai penangkapan itu, polisi melakukan pengembangan di kediaman tersangka di Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

Benar saja, di rumah tersangka polisi menemukan perangkat komputer lengkap dengan pemindai dan printer. Selain itu, juga ditemukan bahan-bahan percetakan mulai dari kertas HVS juga foil silver dan emas yang digunakan untuk logo Bhayangkara juga STNK Kepolisian.

“Tersangka ini beraksi sendirian di rumah. Namun dia punya kaki tangan yang mencari pelanggan. Kaki tangannya ini masih kita buru,” ujarnya.

Lebih jauh, Ambarita menceritakan jika tersangka menyasar para pemilik kendaraan yang ogah untuk mengurus STNK ke kepolisian. Kepada korban, dia mengaku bisa membantu menyelesaikan pembayaran perpanjangan pajak kendaraan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here