Gelapkan Pajak, Pendiri Perusahaan Antivirus John McAfee Ditangkap di Spanyol

John McAfee

Indonesiainside.id, Madris–John McAfee, pendiri perusahaan perangkat lunak (software) antivirus McAfee, ditangkap di Bandara El Prat Barcelona pada akhir pekan atas tuduhan penggelapan pajak, seperti dilansir surat kabar Spanyol, El Pais. El Pais dan RTVE, jaringan televisi nasional Spanyol, pada Selasa (6/10) melaporkan bahwa penangkapan McAfee dilakukan pada Sabtu (3/10) sekitar pukul 09.30 waktu setempat sebelum menaiki pesawat tujuan Istanbul ketika pemeriksaan paspor menunjukkan surat perintah penangkapan internasional telah dikeluarkan untuknya atas tuduhan penggelapan.

Pria berusia 75 tahun yang berada di Spanyol sejak Maret itu langsung ditahan.  Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa McAfee, yang menjual perusahaan antivirusnya kepada Intel seharga 7,7 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.712), diduga menyembunyikan pendapatan jutaan dolar dari otoritas pajak AS selama periode 2014-2018 dengan menggunakan rekening bank palsu atas nama orang lain.

Dia juga dituduh menyembunyikan asetnya yang lain, termasuk kapal pesiar dan properti real estat, atas nama orang lain. (NE/ant/xh)

 

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here