Tommy Sumardi Ajukan Diri Jadi Justice Collaborator Perkara Djoko Tjandra

Pengusaha Tommy Sumardi yang menjadi perantara pemberian suap dari Joko Tjandra menjalani sidang pembacaan dakwaan di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (2/11). (Desca Lidya Natalia)

Indonesiainside.id, Jakarta – Pengusaha Tommy Sumardi mengajukan diri menjadi saksi pelaku yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum (justice collaborator) dalam perkara dugaan pemberian suap dari terpidana cessie Bank Bali Joko Soegiarto Tjandra.

“Kami mengajukan surat ‘justice collaborator’ untuk terdakwa karena sejak penyidikan hingga penuntutan kami sudah menyampaikan fakta sebenar-benarnya sehingga berdasarkan ketentuan di Indonesia pantas untuk menjadi saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum,” kata penasihat hukum Tommy, Dian Pongkor di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (2/11).

Selain mengajukan diri sebagai JC, pengacara juga mengajukan permohonan agar sidang kliennya berbeda hari dengan terdakwa lain. “Ada permintaan dari terdakwa karena sidang ini untuk beberapa terdakwa maka klien kami berharap agar hari sidang-nya khusus, jadi dipisah dari terdakwa-terdakwa lain,” ucap Dion.

Seusai sidang, Dion mengatakan bahwa kasus tersebut dapat terkuak karena pengakuan kliennya. “Karena seluruh dakwaan berdasarkan hasil pengakuan dari klien kami, Kalau klien kami tidak memberikan keterangan seperti itu, tidak ada perkara ini. Karena itu sesuai ketentuan kami masuk ke saksi pelaku yang bekerja sama oleh karena itu kami nilai terdakwa berhak mendapatkan status itu,” ungkap Dion seusai sidang.

Dalam perkara ini, Tommy didakwa menjadi perantara suap dari Joko Tjandra kepada mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Inspektur Jenderal Pol. Napoleon senilai 200 ribu dolar Singapura dan 270 ribu dolar AS serta kepada Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Kakorwas) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Prasetijo Utomo senilai 150 ribu dolar AS.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here