Foto Pribadi Jutaan Pengguna Facebook Bocor ke Pihak Ketiga

Ilustrasi foto pengguna Facebook bocor ke pihak ketiga. Foto: Straitimes

Secara umum, Facebook mengizinkan aplikasi oleh pengembang pihak ketiga untuk memperoleh izin pengguna dan mengakses foto yang dibagikan setiap saat.

Indonesiainside.id, Jakarta — Facebook mengungkapkan telah terjadi bug pada sistem perangkat lunak utama mereka yang memungkinkan aplikasi pihak ketiga dapat mengakses 6,8 juta foto pribadi pengguna yang telah dibagikan. Termasuk foto yang tidak jadi diunggah.

Kecelakaan sistem yang terjadi selama 12 hari pada bulan September itu menambah sederet masalah yang menghantui sistem privasi Facebook dalam melindungi data pribadi penggunanya.

Secara umum, Facebook mengizinkan aplikasi oleh pengembang pihak ketiga untuk memperoleh izin pengguna dan mengakses foto yang dibagikan setiap saat.

“Karena bug, sekitar 1.500 aplikasi dapat mengakses kumpulan foto yang lebih luas dari biasanya,” kata pihak pengembang Facebook dikutip Straitimes, Senin (17/12).

Akses ilegal termasuk foto yang tidak jadi diunggah. Foto itu merupakan foto yang disimpan Facebook sebagai draft jika sewaktu-waktu pengguna ingin mengunggahnya.

Bug perangkat lunak juga memungkinkan pengembang untuk mengakses foto yang seharusnya tidak ada di Marketplace, hub Facebook bagi pengguna untuk membeli dan menjual barang, dan beberapa yang diposting di Stories, di mana pengguna dapat berbagi foto pendek atau pembaruan video yang muncul selama 24 jam.

“Tim internal kami menemukan bug API foto yang mungkin telah memengaruhi orang-orang yang menggunakan Login Facebook dan memberikan izin kepada aplikasi pihak ketiga untuk mengakses foto-foto mereka,” tulis pihak Facebook di laman resminya ketika diakses Indonesiainside.id, Senin (17/12).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here