Cerita Pasangan Termuda Nikah Massal Pemprov DKI

Daripada pacaran, mending nikah aja. Apalagi nikah massal enggak makan biaya banyak juga.

Indonesiainside.id, Jakarta — Momen pergantian tahun 2018 ke 2019 menjadi sangat spesial bagi 577 pasangan nikah massal yang diselenggarakan Pemrov DKI Jakarta. Selain momentumya pas, pernikahan mereka juga disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dai Kondang Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym.

Jimmy Ardiansyah dan Rizka Fadillah Hanif, merupakan pasangan nikah massal yang dinobatkan sebagai peserta termuda. Keduanya masih berusia 19 tahun. Mereka menjalin hubungan asmara sejak kelas satu Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menggunakan busana adat Mandailing Natal, keduanya terlihat sumringah campur deg-degan saat prosesi akad. Apalagi disaksikan Anies dan Aa Gym dari dekat. “Deg-degan banget sih, takut salah ucap aja,” cerita Jimmy kepada Indonesiainside.id, Senin (31/12).

Jimmy dan Rizka memutuskan ikut menikah massal setelah mendapat informasi dari kepala Rukun Tetangga (RT) di tempat ia tinggal. Mereka pun mengurus administrasinya hingga tingkat kelurahan.

“Biar lebih praktis aja sih, kan dapat fasilitas juga dari gubernur,” tutur Rizka. Ia memilih menikah muda karena tak ingin berlama-lama hubungan tanpa kepastian. Lima tahun berpacaran dianggap sudah cukup untuk membuat keputusan.

“Daripada pacaran, mending nikah aja. Apalagi nikah massal enggak makan biaya banyak juga,” kata Rizka.

Jimmy menuturkan, dorongan segera menikah juga datang dari orang tua. Ia sempat merasa tidak enak hati kalau berlama-lama menjalin hubungan tanpa komitmen. Saat ini, Jimmy berprofesi sebagai petugas keamanan di Gelora Bung Karno. Sementara Rizka niatnya ingin melanjutkan kuliah.

Hamdani Lubis, orang tua Rizka mengaku tak masalah dengan pernikahan muda. Menurutnya, kalau ditinjau dari sisi agama, namanya jodoh dan rezeki sudah diatur tuhan. “Bukan masalah istilahnya kita suka ga suka,” katanya.

Dia juga sudah mengetahui anaknya berpacaran meskipun masih sekolah. Menantunya, Jimmy bahkan sering mengapel Rizka ke rumah. Hamdani tak merasa keberatan, dengan begitu ia bisa memantau pergerakan calon menantunya.

“Sebenarnya ya kita maklum, namanya orang tua lihat anak-anaknya begitu ya paling masih cinta-cinta monyet, tapi kita ingetin jangan bikin malu, itu aja,” tutur Hamdani.

Hamdani sebelumnya tak menyangka pernikahan anaknya akan disaksikan Anies dan Aa Gym. “Ga nyangka saya kira nikah biasa saja ga taunya ketemu gubernur dan Aa Gym. Rencana habis nikah langsung pulang, tau tau begini, ya lebih bersyukur lagi,” imbuhnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap penyelenggaraan nikah massal ini dapat membentuk keluarga di Jakarta keluarga yang sakinah, yang membawa kebahagiaan bagi masyarakat.

“Pemrpov DKI meyakini bahwa masyarakat yang rukun, saling hargai dimulai dari dalam rumah. Bila keluarga itu jadi keluarga baik, insyaallah masyarakatnya pun baik,” katanya.

(Suandri Ansah)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here