5 Fenomena Langit di Indonesia Tahun 2019

Fenomena alam Supermoon siap menghias keindahan langit Indonesia di tahun 2019. Foto: islamidia.com

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Setidaknya, akan ada 5 fenomena langit yang menghiasi angkasa Indonesia di tahun 2019. Apa saja itu?

Indonesiainside.id, Jakarta — Menuju tahun 2019, langit-langit di Indonesia akan diwarnai oleh sebuah pemandangan berupa fenomena langit yang indah nan mengagumkan. Fenomena alam yang tidak akan kita temui setiap tahun ini, tentu saja akan sangat sayang jika kita lewatkan begitu saja. Apa sajakah fenomena alam yang siap menghias keindahan langit Indonesia di tahun 2019?

Supermoon
Fenomena langit yang akan terjadi dalam waktu dekat adalah Supermoon. Supermoon atau bulan super adalah fenomena yang terjadi saat Bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi. Ini merupakan jarak terdekat antara bulan dengan bumi, sehingga bulan akan tampak sangat besar di langit, lebih besar dari bulan purnama, dan lebih terang. Fenomena ini dapat disaksikan pada 19 Februari 2019.

Oposisi Jupiter
Selain bulan, planet Jupiter juga akan mencatatkan jarak terdekatnya dengan bumi tahun ini. Pada 10 Juni 2019, Kawan GNFI dapat menyaksikan planet terbesar di tata surya ini di langit, yang berupa bintang kuning besar tanpa kedipan. Oposisi jupiter disebabkan oleh perputaran bumi yang mengelilingi matahari lebih cepat dibandingkan dengan revolusi planet jupiter sehingga posisi bumi yang lebih cepat mengelilingi matahari sering berada dalam satu garis lurus dengan jupiter.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here