Muslim Uighur Sumbang Korban Tsunami Selat Sunda

Penyerahan bantuan dari warga Uighur kepada ACT. Foto: Suandri Ansah/Indonesiainside.id

Oleh: Suandri Ansah

Muslim Uighur tidak sekedar menyumbang, juga akan membesuk langsung para korban tsunami Selat Sunda yang masih ada di pengungsian

Indonesiainside.id, Jakarta — Masyarakat muslim Uighur memberikan donasi USD 50 ribu atau sekitar Rp 704.027.500 untuk membantu pemulihan terdampak bencana tsunami Selat Sunda.

Sumbangan diberikan, Ketua Majelis Nasional Turkistan Timur, Seyit Tumturk kepada dua lembaga kemanusiaan untuk disalurkan, yakni AQL Islamic Center dan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Kepada ACT, Seyit menyerahkan bantuan sebesar USD 20 ribu.

“Semoga bantuan ini dapat meredakan duka mereka (terdampak bencana) dan membantu meski tidak terlalu banyak yang bisa kita berikan,” ujar Tumturk saat konferensi pers di kawasan Agus Salim, Jakarta Pusat.

Rencanaya, Tumturk juga akan membesuk langsung para korban yang masih ada di pengungsian. Ia ingin berbelasungkawa secara tatap muka sekaligus turut merasakan duka warga yang tertimpa bencana.

“Kita ingin melihat dengan mata kepala sendiri keadaan mereka, meradakan duka mereka dan semoga Allah jauhkan kita dari bencana alam,” imbuhnya.

Senior Vice Presiden ACT, Syuhelmaidi Syukur sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan. Di tengah penindasan yang di alami, warga Uighur masih sempat mempedulikan kondisi warga Indonesia.

Saat ini, ACT memiliki dua program besar pemulihan terdampak bencana di Banten dan Lampung Selatan. ACT telah mendirikan tujuh posko logistik dan shelter pengungsian di Lampung Selatan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here