Program Transmigrasi Soeharto Perlu Dikembangkan untuk Pendidikan Berkeadilan

AMIRSYAH TAMBUNAN
Wasekjen MUI, Amirsyah Tambunan. Foto: Suandri Ansah/Indonesiainside.id

Oleh: Suandri Ansah

Indonesiainside.id, Jakarta – Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pendidikan dan Infokom, Amirsyah Tambunan mengatakan bahwa budaya damai tak bisa dibangun tanpa adanya keadilan. Salah satu keadilan yang harus diwujudkan adalah keadilan pendidikan.

“Di dalam pleno bahasan ini mencuat tadi, terutama di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar),” ujarnya ditemui di sela-sela Musyawarah Nasional Antar Tokoh Agama di Jakarta Pusat, Jumat (13/9).

Amirsyah mengungkapkan daerah 3T harus terus mendapat perhatian agar tak terjadi ketimpangan sosial. Dalam konteks ini, Amirsyah menyebut itulah yang namamya keadilan.

Pendirian lembaga atau institusi pendidikan di daerah tertinggal dan terluar perlu terus digencarkan. Dengan demikian, keadilan terhadap akses pendidikan dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia.

“Ya kalau sekarang pemerintah sudah menyiapkan fasilitas itu cuma belum sepenuhnya terlaksana mungkin karena alasan klasik. Pembiayaan, tidak terjangkau,” imbuhnya.

Dalam musyawarah ini, Amirsyah sempat mengusulkan pengembangan program transmigrasi. Program ini sempat menjadi andalan Presiden Soeharto demi pemerataan pembangunan dan perekonomian.

“Saya usulkan pulau terluar itu misalnya perlu digarap, daerah tertentu yang padat penduduk perlu dilakukan kebijakan transmigrasi dalam bentuk untuk menciptakan pemerataan pendidikan,” kata Amirsyah.

Dia menilai program transmigrasi adalah kebijakan positif dari orde baru yang bisa dikembangkan. Karena banyak daerah terluar itu penduduknya sekarang sudah bisa menikmati sebagian hasil pembangunan.

“Kalau pemerintah ini berani, maka itu menurut saya sesuatu terobosan. Saya secara pribadi mengusulkan perlu. Karena daerah padat penduduk itu kan sudah saatnya dilakukan distribusi kependudukan yang merata,” paparnya.

“Kan banyak daerah yang masih tertinggal, dan ini sudah jadi bahan kajian dan masyarakat perlu didorong walaupun agak terasa, itu kan sudah rencana lama, saya rasa perlu dikembangkan lagi,” imbuhnya. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here