Erick Tohir: 30 Persen Dana CSR untuk Pendidikan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir. Foto: Imanuddin Ramdhani/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir mengatakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pendidikan akan dimaksimalkan sebesar 30 persen.

“Memang salah satu kekurangan bangsa kita, suka atau tidak suka, bagaimana pendidikan di generasi yang akan datang,” ujar Erick di acara Penguatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat BUMN di Menara Mandiri, Jakarta Pusat, Rabu (12/2).

Erick menyebutkan, BUMN harus ikut meningkatkan partisipasi lewat program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan program-program lain dari pihak swasta yang membantu pengelolaan dana pendidikan.

“Memang ada program LPDP, ada banyak program dari pihak swasta, tapi kita di BUMN ingin juga terus meningkatkan partisipasi,” kata dia.

Erick mengakui, dengan adanya program beasiswa LPDP dan program lainnya dari swasta sudah membantu pendanaan pendidikan. Namun, dia ingin peran BUMN lebih ditingkatkan lagi.

Selain itu, dia juga akan mengkaji keberadaan lembaga pendidikan di lingkungan BUMN. Dia tidak ingin ada perusahaan BUMN menguasai semua sektor termasuk memiliki perguruan tinggi.

“Jadi saya sedang mereview apa benar BUMN perlu universitas? Karena wong bersaing di bisnisnnya saja belum tentu survive apalagi menjalankan sesuatu yang bukan keahliannya,” ucapnya. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here