Catat! Ini Ketentuan dan Persyaratan SNMPTN 2020

SNMPTN 2020
Sejumlah siswa mengisi formulir masuk ke perguruan tinggi pada acara pameran dan seminar yang diprakarsai oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Provinsi DKI Jakarta. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Pelaksanaan pendaftaran SNMPTN 2020 akan digelar tanggal 14 Februari pada pukul 14.00 WIB hingga 27 Februari pukul 23.59 WIB melalui laman portal.ltmpt.ac.id.

Seleksi SNMPTN 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari hingga 3 April dan hasilnya diumumkan pada 4 April 2020. Siswa pendaftar SNMPTN 2020 tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.

Ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi oleh setiap siswa dan sekolah untuk bisa melakukan pendaftaran SNMPTN 2020, sebagai berikut:

Ketentuan Umum SNMPTN 2020:

1. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

2. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.

3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

4. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

Syarat Ketentuan Khusus SNMPTN 2020

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:

1. SMA/MA/SMK yang mempunyai
2. NPSN.Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah:

1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul.
2. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS.
3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
4. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. (Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here