Akad Nikah Danny Rukmana-Andi Raiyah dalam Balutan Adat Bugis Makassar

Akad Nikah Danny Rukmana-Andi Raiyah dalam Balutan Adat Bugis Makassar
Akad Nikah Danny Rukmana-Andi Raiyah dalam Balutan Adat Bugis Makassar, Jakarta. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Akad nikah Danny Bimo Hendro Utomo dan Andi Raiyah Chitra Cherasia Abdussalam berlangsung pagi ini, Sabtu (15/2). Prosesi pernikahan keduanya memadukan adat Bugis dan Jawa.

Ijab kabul dilangsungkan pukul 11.00 WIB di Hotel Mulia, Jakarta Pusat. Rangakaian acara dijadwalkan sebagaimana prosesi pernikahan menurut agama Islam dengan diawali pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Sebelum ijab kabul, penghulu memastikan kelengkapan dokumen nikah dan memberikan khutbah nikah. Prosesi ijab kabul dilangsungkan dalam balutan adat istiadat Bugis Makassar.

Selepas ijab qabul, agenda berlanjut dengan Mappasikarawa atau appabattu nikah dalam bahasa Makassar. Mappasikarawa berarti kedua mempelai saling menyentuh untuk pertama kalinya dalam naungan syariat.

Kemudian, kedua mempelai kembali ke tempat semula untuk pembacaan Sigat Taik dan penandatanganan akta nikah. Acara berlanjut dengan penyerahan cincin dan mahar lalu ditutup doa oleh penghulu.

Di lokasi nikah, karangan bunga dari berbagai pejabat negeri menghiasi pintu masuk Ballroom Hotel. Terlihat di antaranya ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Maruf Amin, Gubernur DKI Anies Baswedan, Panglima TNI, Kepala BNPB, hingga Anggota DPR seperti Bambang Soesatyo dan Hidayat Nur Wahid. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here