Kemendikbud: Sebelum Meliburkan Sekolah, Ngomong Dulu

Ilustrasi. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta sekolah berkoordinasi dahulu dengan dinas pendidikan dan kesehatan sebelum meliburkan sekolahnya. Kemendikbud telah mengeluarkan Surat Edaran No 3/2020 untuk pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di lingkungan sekolah.

“Kami menghimbau agar selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan setempat jika melakukan langkah meliburkan sekolah,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana di Jakarta, Jumat(13/3).

Untuk itu, dia meminta kepala daerah baik gubernur maupun wali kota dan bupati untuk memperhatikan aspek keselamatan siswa di sekolah, dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut.

“Sekolah hendaknya menerapkan protokol kesehatan yang ada dalam surat edaran tersebut,” kata dia.

Isi surat edaran tersebut dimulai dari mengoptimalkan peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) atau unit kesehatan di perguruan tinggi, koordinasi dengan dinas kesehatan, pendidikan dan layanan pendidikan tinggi untuk mengetahui apakah dinas kesehatan telah memiliki rencana atau persiapan dalam menghadapi Covid-19.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here