Anggota DPR Aceh Ini Alihkan Dana Pokir Rp6 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Anggota DPR Aceh, Teuku Irwan Djohan. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Banda Aceh – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Irwan Djohan, menawarkan kepada Pemerintah Aceh untuk mengalihkan anggaran kegiatan pokok pikiran (pokir) miliknya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2020. Langkah itu diambil untuk membantu penanganan virus corona (covid-19).

Ungkapan itu disampaikan Irwan Djohan dalam akun instagram pribadinya @teuku_irwan_Djohan pada Sabtu, 21 Maret 2020. Mantan Wakil Ketua DPR Aceh periode lalu itu berharap Pemerintah Aceh dapat segera menindaklanjutinya dan usulannya itu dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19 ini.

“Saya sudah menawarkan pengalihan Pokir saya di dalam APBA 2020 senilai Rp6 miliar ke Pak Plt Gubernur Aceh untuk penanganan Covid-19 di Aceh,” tulis Irwan Djohan dalam unggahan akun media sosialnya miliknya itu.

Sementara itu, pihak legislatif itu juga bakal segera berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh untuk membahas soal penggunaan dana belanja tak terduga (BTT) senilai Rp181 miliar yang terdapat pada APBA 2020. Menurut Ketua DPR Aceh, Dahlan Jamaluddin, saat ini anggaran BTT sangat diperlukan. Apalagi, Aceh belum memiliki fasilitas yang memadai dalam menghadapi wabah covid-19.

“Kelengkapan penanganan medis sangat sedikit. Alat pelindung diri sangat sedikit, begitu juga untuk tempat isolasi ketika ada pasien awal yang terindikasi virus corona,” kata Dahlan di Banda Aceh, beberapa waktu lalu.

Kata Dahlan, jika BTT bisa dicairkan, maka dana tersebut akan dipergunakan untuk melengkapi sejumlah fasilitas di rumah sakit yang masih dianggap kurang. “Dana tak tertuga itu harus dimaksimalkan, mungkin digunakan untuk upaya pencegahan maupun pelayanan kesehatan dengan menyiapkan semua peralatan medis yang dibutuhkan. Semua itu agar kita bisa memastikan bahwa para tenaga medis bisa bekerja safety,” katanya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here