UKK Siswa SMK Dewi Sartika Jakarta Sudah Berlangsung Sebelum Covid-19

Ujian nasional. Foto: Antara

 

Indonesiainside.id, Jakarta – SMK Dewi Sartika Jakarta telah lebih dulu melaksanakan uji kompetensi keahlian (UKK) sebelum mewabahnya virus Corona atau Covid-19.

“Untuk UKK sendiri kita sudah berlangsung sebelum Covid-19 dan Alhamdulillah, semua anak-anak lulus uji kompetensinya,” ujar Kepala Sekolah Dewi Sartika Jakarta, Gilang Gerrialga kepada Indonesiainside.id, Senin (6/4).

Karena, lanjut Gilang, pelaksanaan UKK tergantung kebijakan dan kesiapan dari sekolah masing-masing dan juga pihak Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1. Sementara, untuk UN, Gilang menjelaskan bahwa nanti akan ada kebijakan selanjutnya yang bisa disampaikan bersama orang tua juga.

Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Balitbang), Totok Suprayitno, mengatakan bahwa ada berbagai alternatif yang bisa digunakan sebagai indikator kelulusan siswa.

Misalnya, sekolah dapat menggunakan nilai semester genap tahun terakhir sebagai tambahan nilai kelulusan.

“Nilai tersebut menjadi dasar nilai ijazah yang digunakan untuk keperluan lebih lanjut termasuk untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Jadi ini memang relaksasi dari kebijakan-kebijakan yang selama ini dilakukan,” terang Totok.

Melalui Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meniadakan penyelenggaraan ujian nasional (UN) dan bagi siswa SMK. Karena, uji kompetensi tersebut harus dilakukan secara tatap muka sehingga sangat sulit dilakukan secara daring.

Ditengah mewabahnya virus Corona atau Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lebih menitikberatkan pada keselamatan jiwa, maka uji kompetensi keahlian untuk SMK tahun 2020 tidak diadakan. (EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here