Kemenag: 45.957 Guru dan 9.561 Madrasah Gunakan e-Learning

Indonesiainside.id, Jakarta – Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar mengatakan, e-learning madrasah sedianya akan mulai digunakan mulai tahun ajaran 2020/2021, tepatnya Juli 2020. Namun, seiring pemberlakuan daring dalam pencegahan Covid-19, e-learning sudah digunakan lebih awal, sejak Maret 2020.

“Sampai sekarang sudah 9.561madrasah, 45.956 guru, dan lebih 420 ribu siswa yang memanfaatkan layanan e-learning madrasah,” kata Umar di Jakarta, Kamis (9/4).

Kemenag, lanjutnya, juga sedang menyusun modul pembelajaran jarak jauh bagi siswa dan madrasah yang masih terisolir dan mempunyai hambatan jaringan internet di daerahnya. Dia menyatakan, pembelajaran daring di madrasah akan terus dikembangkan.

“Kami tengah menginisiasi kerjasama dengan provider jaringan internet untuk memberikan dukungan paket data bagi siswa madrasah,” katanya.

Menurutnya, skema kerjasama dengan provider itu bisa dalam bentuk pemberian paket data gratis atau pemberian kuota tertentu bagi siswa dan guru madrasah untuk mengakses situs tertentu yang terkait pembelajaran. “Skema kerjasama ini tentu mengacu pada ketentuan peraturan tentang pengadaan barang/jasa pemerintah. Ini yang sedang dikaji,” ujarnya.

Kolaborasi juga akan dilakukan dengan Kemendikbud. Kerjasama ini dalam rangka pertukaran konten pembelajaran antara e-Learning Madrasah dan Rumah Belajar Kemdikbud.

Di masa Covid-19, Kemenag juga menerima penawaran kerjasama penyediaan platform pembelajaran online dari Dragonlearn.org. Umar menilai tawaran itu menarik untuk memudahkan akses siswa madrasah ibtidaiyah terhadap bahan materi pelajaran.

Platform ini dapat diakses secara gratis melalui alamat: www.dragonlearn.org selama 3 bulan terhitung 8 April 2020 atau selama penetapan masa Darurat Covid-19 berlangsung.

“Platform ini menyediakan mata pelajaran Matematika Kelas 1-6 MI (madrasah ibtidaiyah). Dilengkapi juga dengan materi-materi tambahan mapel matematika,” ujarnya. (ASF)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here