Sembuhlah Dunia, Senandung Doa dari Aceh untuk Lawan Corona

Seniman asal Aceh, Subur Dani. Foto: Dokumen Pribadi

Indonesiainside.id, Banda Aceh – Salah satu jurnalis di Aceh, Subur Dani, baru-baru ini merilis sebuah single berjudul ‘Sembuhlah Dunia’. Lagu ini, sengaja dibuat dan ditulis olehnya sebagai wujud doa, harapan, dan optimisme Subur Dani agar masyarakat di Indonesia tetap yakin melawan wabah virus corona (Covid-19) yang tengah menjangkiti tanah air.

Selama ini, putra asli Aceh berusia 32 tahun ini bekerja di sebuah surat kabar harian di Aceh. Jauh sebelum menjadi seorang jurnalis, Subur Dani adalah seorang seniman tradisi dan musikus di Aceh yang telah menciptakan beberapa karya, baik bersama grup musiknya, TANGKE, maupun secara solo.

Selasa (7/4/2020) lalu, Subur merilis single Sembuhlah Dunia melalui akun youtubenya, Subur Dani Official.
Lagu itu dibuatnya di tengah kondisi masyarakat Aceh dan Indonesia yang kini sedang berjuang melawan pandemi global yang cukup meresahkan itu.

“Sebagai jurnalis, mungkin bisa dibilang, saya adalah yang menyerap dan menulis informasi arus utama terkait kondisi saat ini tentang pandemi Covid-19. Hampir setiap hari saya menulis dan memberitakan apapun tentang Covid, baik update yang sembuh, masyarakat yang jadi ODP, PDP, hingga ada pasien yang meninggal,” kata Subur kepada Indonesiainside.id, Kamis (9/4).

Di sisi lain, Subur Dani, merasa ada hal yang harus dilakukannya untuk memotivasikan orang-orang untuk tetap tenang, tidak panik, dan tidak terlalu khawatir. Karena menurutnya, di tengah wabah ini, salah satu hal yang penting dijaga adalah imun tubuh.

“Kita tidak boleh stres, kalau enggak, imun kita akan berkurang dan mudah terjangkit,” ujarnya.

Oleh Sebab itu, Subur berinisiatif untuk mencipta sebuah lagu, di mana lagu tersebut bertujuan untuk memotivasi dirinya sendiri. Dia yakin, bahwa semua ini akan berlalu dan semuanya akan baik-baik saja. Melalui lagunya ini, Subur bermunajat dan berharap bahwa semua orang di Indonesia dan dunia yang sudah terjangkit Covid-19 akan segera sembuh seperti sedia kala.

“Lagu ini saya buat spontan saja, liriknya saya tulis sebagai doa dan harap saya, bahwa kita semua akan baik-baik saja. Saya berharap dunia yang kini dilanda musibah besar ini akan kembali seperti semula, dan sahabat-sahabat yang telah positif akan sembuh,” ujarnya.

Subur menuturkan, untuk melahirkan tembang Sembuhlah Dunia ini banyak pihak yang turut membantunya. Lirik dan notasinya merupakan buah tangannya. Sedangkan music director dibantu oleh komposer handal Aceh, Taufik Opay di Opay Studio, Kota Banda Aceh. Untuk video klipnya, Subur dibantu Anoma Film, sebuah rumah produksi di Aceh yang digawangi oleh Ikhwan.

“Ini murni lagu untuk kemanusiaan. Alhamdulillah, saya banyak dibantu teman-teman. Semoga ini benar-benar menjadi doa dan harapan saya dan kita semua agar kondisi ini segera pulih, amin,” harapnya.

Subur menuturkan, lagunya itu dapat digunakan oleh seluruh pihak. Dirinya tidak akan menuntut royalti apapun, hanya saja dia berharap supaya dibubuhkan namanya sebagai pencipta dan penyanyi lagu ketika karyanga itu dipakai, baik untuk audio maupun video.

“Ini untuk kemanusiaan. Lagu ini merupakan pengharapan, doa, dan optimisme saya, bahwa kita akan mampu melewati ini. Seuntai doa untuk para sahabat di seluruh dunia yang telah dinyatakan positif, bahwa semuanya akan sembuh bersama, akan kembali tersenyum menyapa dunia,” ujarnya.

Lagu Sembuhlah Dunia ini bisa didengar dan ditonton di akun Subur Dani Official atau langsung klik link https://youtu.be/zYpN2rGWsgU di kanal Youtube. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here