TVRI akan Hadirkan Tayangan Belajar dari Rumah, Ini Kontennya

Ilustrasi siswa sekolah foto: sofiandwi/indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Pelaksana Tugas (plt) Direktur Utama TVRI, Supriyono, menyatakan, TVRI sebagai bagian dari media official Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan menyiarkan program-program pendidikan dalam rangka mendukung upaya belajar dari rumah. Adapun konten pembelajaran yang disajikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, penumbuhan karakter, dan kecakapan hidup peserta didik yang disampaikan secara ringan, dan menghibur.

“Materi program ini juga akan menyiarkan banyak materi pembelajaran khusus bagi siswa SD, SMP, SMA, pembelajaran umum serta parenting,” kata Supriyono, di kantor BNPB, Jakarta, Jumat (10/4).

Penayangan program belajar dari rumah tersebut merupakan kerja sama antara TVRI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Program ini akan dilangsungkan selama tiga bulan ke depan.

Pelaksana harian (Plh) Direktur Program dan Berita TVRI, Usrin Usman, menyatakan bahwa program tersebut adalah respon cepat Kemdikbud atas masukan dari Komisi X DPR RI melalui rapat kerja pada 27 Maret lalu “Khususnya untuk membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena masalah ekonomi maupun letak geografis,” ujar Usrin .

Dia menjelaskan lebih bahwa tayangan pendidikan belajar dari rumah akan dilakukan pada Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 23.00 WIB. Berikut jadwal rinci, sebagaimana diumumkan oleh Usrin.

08.00-08.30 materi PAUD
08.30-09.00 materi SD kelas 1 sampai 3
10.00-10.30 materi SD kelas 4 sampai 6
10.30-11.00 materi SMP
14.00-14.30 materi SMA
14.30-15.00 materi pengasuhan dan pendidikan anak untuk orang tua dan guru

“Juga ada kegiatan malam hari berupa film untuk anak serta film Indonesia,” katanya.

Selanjutnya, Kemendikbud akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program yang dijalankan oleh TVRI, bersama dengan lembaga nonpemerintah. Selain itu, lanjut Usrin, 29 saluran TVRI di seluruh Indonesia akan segera menayangkan siaran “doa untuk bangsa” sebagai dukungan moral dalam masa krisis Covid-19. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here