Jalankan Protokol Kesehatan, Baznas Gerakkan Program Kurban Online

Ilustrasi Baznas. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Dalam masa pandemi, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan kurban dalam Program Kurban Online di 58 titik penyaluran di 229 Desa, 54 Kabupaten atau Kota dari 24 Provinsi di Indonesia. Penyembelihan hewan Kurban Online Baznas ini dimulai dengan acara seremoni secara online dan disiarkan langsung melalui kanal youtube, Jum’at (31/7).

Anggota Baznas, Mundzir Suparta mengatakan pemberlakuan protokol kesehatan Covid-19 diterapkan secara ketat dalam pelaksanaan Kurban Online Baznas, yang dijalankan oleh panitia maupun mitra pelaksana. Ini sebagai langkah pencegahan virus dan juga menjamin aspek kehalalan dan kebersihannya.

 

“Hingga hari Raya Idul Kurban ini, jumlah hewan kurban mencapai 2.503 ekor setara kambing atau domba yang disembelih dan dibagikan kepada masyarakat dan rencananya akan dibagikan kepada kurang lebih 50.060 kepala keluarga atau penerima manfaat,” ujar Mundzir.

“Tetapi jumlah hewan kurban yang akan masuk berpotensi akan terus bertambah karena Baznas masih terus memberikan pelayanan kurban untuk mudhohi sampai tanggal 12 Dzulhijah pukul 15.00 WIB,” sambungnya.

Ia menambahkan sebelum disalurkan, pemotongan hewan kurban dilakukan di tempat tertutup, di Tempat Pemotongan Hewan (TPH) yang telah dirancang sedemikian rupa untuk keamanannya, dengan petugas yang wajib mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Kambing dan sapi kurban yang disembelih, lanjut Mundzir dibeli dari para peternak desa di berbagai daerah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here