Kemendikbud Akan Kerahkan Mahasiswa untuk Sosialisasi AKB ke Masyarakat

nadiem makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, Foto: Antara.

Indonesiainside.id, Jakarta – Relawan Covid-19 Nasional (Recon) yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bersama dengan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) mencoba untuk memaksimalkan dampak program Recon kepada masyarakat umum. Hal ini diharapkan dapat berperan besar dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Dikti, Aris Junaidi mengatakan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan dan generasi solutif diharapkan dapat menjadi penggerak Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk masyarakat. “Kolaborasi mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan stakeholders lainnya dengan masyarakat untuk disiplin menerapkan AKB adalah kunci keberhasilan menekan laju pandemi dan meningkatkan kesehatan masyarakat,” ujarnya, Jumat (31/7).

Selain itu sosialisasi kali ini dr. Reisa Brotoasmoro sebagai Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga memberikan sambutan secara tidak langsung lewat rekaman video. “Para relawan harus terus semangat dan dapat bergerak bersama-sama melawan Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu Sesditjen Dikti Paristiyanti mengatakan bahwa gerakan ini melibatkan 15.000 relawan yang memiliki beragam latar belakang, ada yang merupakan mahasiswa program studi kesehatan dan non kesehatan, tenaga medis profesional, dan juga masyarakat umum yang peduli terhadap kesehatan masyarakat Indonesia.

“31 Hari Tantangan Siap Adaptasi menggerakan 15.000 relawan untuk melakukan edukasi secara daring dan luring dimulai dengan orang-orang terdekat disekitar para relawan, seperti anggota keluarga, tetangga, pengurus tempat ibadah, dan lain-lain,” tuturnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here