Selangor Ambil Pendekatan Edukasi Sebelum Menerapkan Larangan Merokok dan Minum Alkohol di Taman

Larangan Merokok di sebuah taman di Selangor, Malaysia

Indonesiainside.id, Shah Alam–Pihak berwenang Selangor, Malaysia telah memberikan peringatan dan nasihat kepada individu yang ditemukan merokok atau minum alkohol di taman umum di Selangor. Tindakan edukasi ini dilakukan lebih awal sebelum memberlakukan denda kepada kelompok pelanggar.

Menteri Besar Selangor Amirudin Shari mengatakan, pendekatan pendidikan dilakukan selama tiga bulan untuk membuat masyarakat umum disiplik dan mentataati larangan tersebut.  Dia mengatakan larangan merokok dan minum alkohol di taman umum mulai berlaku mulai 30 Juli, melalui Surat Edaran Sekretaris Negara Bagian Selangor (Bagian Otoritas Lokal) Nomor Dua tahun 2020.

“Kita akan memberlakukan (larangan merokok dan minum alkohol di taman umum) sebagai implementasi larangan merokok di tempat makan dan restoran,” katanya. “Jika barang terlarang seperti merokok dan minum alkohol digunakan, pelanggar dapat diganjar tidak melebihi RM1.000 (atau Rp 3.513.456) seperti yang ditetapkan dalam peraturan daerah Selangor,” katanya dalam konferensi pers hari Ahad (9/8) sebagaimana dikutip Bernama.

Amiruddin mengatakan pemerintah negara bagian juga siap untuk belajar memperluas larangan ke area publik lainnya dan bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Negara untuk memberikan paparan kepada siswa sekolah tentang larangan tersebut.  Pada tanggal 14 Juli, Pemerintah Daerah, Angkutan Umum dan Pembangunan Kampung Baru exco Ng Sze Han mengumumkan bahwa pemerintah Selangor telah menerapkan larangan merokok dan vape serta meminum alkohol di semua taman bermain dan rekreasi di seluruh negara bagian dengan segera.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here