Tingkatkan Literasi, Mahasiswa Indonesia di Rusia dan Eropa Timur Gelar Pelatihan Jurnalistik

Indonesiainside.id, Jakarta – Situasi pandemi Covid-19 yang berdampak terhalangnya pembelajaran secara tatap muka, tak menyurutkan semangat mahasiswa Indonesia di luar negeri. Komunitas Migas Indonesia di Rusia dan Eropa Timur (KMI RET) bekerja sama dengan Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Indonesia mengadakan pelatihan ‘teknik menulis’.

Presiden Nikmatus Sholikah menjelaskan, semua orang membutuhkan kemampuan menulis jika ingin bisa bersaing dalam dunia global saat ini. Kemampuan menulis merupakan unsur penting mahasiswa yang aktif dalam sebuah komunitas, sehingga berbagai kegiatan positif yang memiliki kontribusi kepada masyarakat dalam komunitasnya bisa disebarkan ke publik.

“Cara penulis berita yang baik adalah kita harus bisa memahami sudut pandang atau angle berita yang memiliki nilai berita. Semakin penulis peka dengan isu yang sedang berkembang, didukung dengan pemahaman pola kepenulisan berita pola piramida terbalik dan memasukan rumus lima W (what, who, where, when, why) dan satu H (how), maka berita akan menjadi menarik,” tutur Nichmah, Jumat (14/8).

Sementara, Ketua KMI RET, Iksan menyampaikan, budaya menulis sudah menjadi kewajiban seorang mahasiswa. Dengan menulis, mahasiswa dapat memaparkan gagasannya dalam pesan yang runtut disertai argumen-argumen, contoh dan data-data pendukung.

“Tulisan tersebut kemudian dapat dibagikan kepada masyarakat untuk menambah wawasan. Selain itu, kemampuan menulis juga dituntut di tempat belajar dan lingkungan masyarakat kemampuan menulis adalah alah satu soft skills yang krusial,” ujarnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here