Direktur Vokasi UI: Pandemi Hadirkan Tantangan Hidup Baru

Siswi sekolah dasar menggunakan ponsel untuk mengerjakan tugas yang diberikan secara online di Jakarta, Selasa (21/7/2020). Agensi Anadolu/Eko Siswono Toyudho

Indonesiainside.id, Jakarta – Direktur Vokasi Universitas Indonesia (UI) Prof Sigit Pranowo Hadiwardoyo mengatakan pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan untuk melakukan perubahan pola kerja dan kebiasaan dalam pengajaran, pekerjaan dan tatanan kehidupan lainnya.

“Kami dituntut mampu mendidik mahasiswa bekerja dari rumah karena mungkin cara bekerja pada beberapa industri di masa depan akan terus seperti ini,” kata Sigit dalam keterangannya di Depok, Kamis.

Sigit menyebutkan Vokasi UI telah menerapkan kurikulum 321, yaitu mahasiswa selama 3 semester belajar di kampus, 2 semester belajar di industri dan 1 semester magang. Selain itu, Vokasi UI juga membekali mahasiswa dengan sertifikat kompetensi.

“Kami juga secara regular melibatkan industri dalam pembaharuan kurikulum. Kedekatan dengan industri telah menunjukkan hasil seperti lulusan Vokasi UI mampu terserap kurang dari 3 bulan setelah wisuda,” katanya.

Dalam hal layanan kesehatan khususnya rumah sakit, Vokasi UI yang juga berkolaborasi dengan Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) guna mendiskusikan pengembangan kompetensi lulusan bidang kesehatan yang dimiliki Vokasi UI.

Pengurus Pusat IAKMI Dr Hermawan Saputra menguraikan tantangan di bidang Kesehatan saat ini dan pascapandemi COVID-19.

Pada sektor layanan rumah sakit, dibutuhkan tenaga kerja yang mampu memberikan “hospitality service, transformative communicator” untuk edukasi dan komunikasi, “hospital data analyst, big data specialist”, dan “accounting control”.

“Pada aspek-aspek tersebut dibutuhkan tenaga vokasional untuk menghantarkan rumah sakit ke era yang baru,” ujar Hermawan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here