Mus Mulyadi Bikin Buku Digital Istana Kerajaan Siak Agar Memudahkan Siswa Belajar Sejarah

Istana kerajaan siak. Foto: istimewa

Indonesiainside.id, Siak – Mus Mulyadi guru kelas II MI Hubbul Wathan, Sungai Apit, Kabupaten Siak membuat “big book digital” bermuatan lokal tentang Istana Siak.

Dia ingin mengenalkan sejarah bermuatan lokal kepada siswa kelas awal di tengah tantangan yang tidak mudah bagi para guru karena pandemi.

“Latar belakang kenapa saya memilih membacakan big book bermuatan lokal kepada siswa karena selama ini jarang sekali ditemukan yang bermuatan lokal,” katanya di Siak, Senin.

Mus Mulyadi membuat big book digital hanya dengan “software” sederhana yaitu power point.

Dalam proses pembuatan ini dirinya memperhatikan pemilihan jenis dan ukuran “font”, foto yang mengilustrasikan cerita dan komposisi gambar yang disebutkan sumbernya.

Guru yang mengajar di madrasah mitra Tanoto Foundation ini menjelaskan alasannya mengambil tema istana Siak dalam big book digital yang dibuatnya. Karena dirinya ingin mengenalkan kepada anak-anak bahwa di Siak ada sebuah tempat bersejarah yang menjadi cikal bakal Kabupaten Siak, yaitu istana Siak.

“Tujuan dari membacakan big book tentang istana Siak ini agar anak-anak mengetahui sejarah tentang istana Siak. Selain itu tujuan pembelajaran ini agar anak-anak juga bisa mengetahui benda-benda yang ada di dalam istana Siak,” ujarnya.

Selama pembelajaran, kata dia anak-anak sangat menikmati pengalaman baru membaca bersama melalui big book digital. Seperti yang diungkapkan Valdo Attala Ramadhan, siswa kelas II, MI Hubbul Wathan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here