Kirab Wayang Mewarnai Hari Wayang Sedunia

Kirab wayang kulit yang dilakukan oleh anak-anak dan remaja mewarnai Hari Wayang Internasional di kawasan Candi Borobudur

Indonesiainside.id, Yogyakarta – Kirab wayang kulit yang dilakukan oleh anak-anak dan remaja mewarnai Hari Wayang Internasional di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu.

Kirab yang diberi nama “laku wayang” tersebut diikuti sekitar 50 anak dan remaja, masing-masing membawa tokoh wayang kulit, mereka berangkat dari halaman Balai Konservasi Borobudur menuju halaman Candi Borobudur.

Sesampai di pelataran Candi Borobudur, peserta laku wayang yang dipimpin Ketua Sanggar Kinara Kinari Eko Sunyoto tersebut berjalan satu putaran mengelilingi candi dan berhenti di halaman sisi barat candi.

Pada kesempatan tersebut, mereka juga mendoakan almarhum dalang asal Yogyakarta Ki Seno Nugroho yang telah meninggal beberapa hari lalu.

Eko Sunyoto mengatakan laku wayang merupakan rangkaian dalam kegiatan “World Wayang Way Borobudur” yang digelar pada 6-7 November 2020.

Ia menyebutkan dalam World Wayang Way Borobudur digelar sejumlah kegiatan, yakni pergelaran wayang, workshop wayang, layaran film wayang, pituturan dongeng wayang, laku wayang, dan pameran wayang.

Eko menyampaikan World Wayang Way Borobudur yang ketiga ini dengan tema “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso tut wuri handayani”.

“Melalui kegiatan ini kami ingin menghayati, dengan adanya pandemi ini kita berkarya yang jelas dan kita ingin mengembalikan nilai-nilai leluhur dulu bahwa Nusantara ini sebenarnya kaya akan khasanah dan keanekaragaman serta kebhinnekaan,” katanya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here