Israel Klaim Temukan Terowongan Penyusup

Foto: Republika

Terowongan dari Lebanon menuju Israel kembali ditemukan. Pihak Israel menuding Kelompok Hezbollah sengaja menggali terowongan untuk menyusup masuk

Indonesiainside.id, Tel Aviv: Israel Defense Forces (IDF) mengklaim telah menemukan terowongan dari Lebanon, menuju Israel. Seperti dikutip dari AFP Sabtu, 8 Desember 2018, temuan tersebut merupakan kali kedua sejak operasi terowongan Hezbollah oleh Israel.

“IDF telah menemukan sebuah serangan lintas batas Hezbollah lain,” beber juru bicara Letnan Kolonel Jonathan Conricus.

Meski tak membeberkan detail, Conricus menuding pembangunan terowongan dimaksudkan untuk menyeberang ke wilayahnya. Hal ini, kata dia, serupa dengan penemuan terowongan sebelumnya.

Conricus menyebut, temuan terowongan didapat setelah Selasa, 4 Desember, pihaknya melancarkan operasi bertajuk “Perisai Utara”. Tujuan dari giat militer itu yakni menghancurkan segala terowongan yang terhubung ke wilayah Israel.

Ada pun untuk terowongan kedua ini, ia membeberkan penggalian dilakukan Kelompok Hezbollah di bawa perbatasan dekat Kota Metula, Israel. Untuk mencegah terowongan digunakan, IDF telah menempatkan bahan peledak di sana.

Pun demikian, Conricus menyebut terowongan itu belum dihancurkan. Pihaknya hanya memberi peringatan pada waega Lebanon Selatan agar tak mendekat.

Untuk diketahui, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya menyebut, operasi terowongan hanya langkah awal. Pihaknya bertekad akan menindak Kelompok Hezbullah lebih jauh.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here