Singapura Ingin Menyelesaikan Sengketa Maritim dengan Malaysia melalui Negosiasi

Kedua Negara terlibat sengketa teritorial di tengah laporan Malaysia mengaktifkan proyek jembatan yang menghubungan keduanya

Indonesiainside.id, AS — Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) menginformasikan, bahwa solusi terbaik untuk sengketa perbatasan laut dengan Malaysia hanyalah melalui negosiasi, demkian dikutip media lokal hari Kamis.

“Singapura percaya solusi batas batas Maritim terbaik adalah melalui negosiasi karena pihak dapat mencapai solusi secara kolektif,” menurut Juru Bicara Kementerian dikutip laman Mediacorp.

Ia berbicara dalam menanggapi media, terkait pengajuan Singapura untuk sebuah deklarasi berdasarkan Pasal 298 Konvensi PBB tentang Hukum Laut Internasional (UNCLOS), kementerian menyatakan bahwa Singapura percaya bahwa perselisihan tersebut harus selesaikan melalui negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang diterima kedua pihak.

Kemarin, pemerintah Singapura mengajukan pernyataan di bawah UNCLOS untuk memastikan bahwa negara-negara lain tidak dapat memulai proses arbitrase atau pihak ketiga perintah terhadap Singapura di pihak dalam sengketa perbatasan.

“Singapura juga tidak dapat memulai proses arbitrase pihak ketiga atau mencari perintah di pihak terhadap negara-negara lain untuk sengketa tersebut.

“Namun, jika hal ini tidak tercapai, Singapura siap untuk menyelesaikan sengketa melalui prosedur penyelesaian sengketa dari pihak ketiga dengan mengacu pada prosedur perantara pihak ketiga internasional yang sesuai, berdasarkan persyaratan yang disepakati oleh semua pihak,” menurut juru bicara MFA.
Untuk memastikan bahwa referensi untuk mediator internasional dapat dibuat atas dasar persetujuan dari semua pihak yang terlibat, Pemerintah Singapura pada hari Rabu mengajukan deklarasi di bawah UNCLOS.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here