Erdogan dan Trump Bahas Masakah Kurdi Melalui Telepon

Foto : Mynet

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan pembicaraan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump melalui telepon membahas masalah Kurdi yang terus menjadi ganjalan Turki.

Indonesiainside.id, Turki — Dalam panggilan telepon hari Jumat dengan Erdogan, Trump membahas kekhawatiran Turki dan keduanya “setuju untuk terus berkoordinasi untuk mencapai tujuan keamanan kami masing-masing di Suriah,” kata Gedung Putih sebagaimana dikutip laman The Washington Post hari Jumat (14/12).

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders, kemarin, menyampaikan pernyataan tertulis tentang percakapan yang dilakukan oleh Presiden Erdogan dan dengan Presiden Trump melalui telepon.

Sanders, dalam pernyataan tertulisnya menyebutkan, “Erdogan dan Trump melakukan percakapan melalui telepon. Kedua pemimpin membahas tentang peran Turki dan Amerika Serikat dalam perang melawan terorisme di Suriah, masalah keamanan dan isu-isu bilateral. Kedua presiden terus melakukan koordinasi untuk mewujudkan tujuan keamanan kedua negara di Suriah,” ujarnya dikutip TRTWorld.

Panggilan itu diikuti kontak awal pekan ini antara Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Kepala Staf Gabungan Joseph F. Dunford Jr. dan pihak Turki.

Sementara itu, kabar yang diperoleh dari sumber kepresidenan Turki, Erdogan dan Presiden AS Trump juga membahas hubungan bilateral kedua negara.

Presiden Erdogan mendesak Trump menarik organisasi separatis PKK / PYD / YPG karena menjadi sumber masalah keamanan Turki. Kedua pemimpin sepakat untuk melakukan koordinasi yang lebih efektif

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here