Saudi Sediakan Bahasa Isyarat dan Al-Quran Braille untuk Jamaah Haji dan Umrah

Diantara fasilitas baru peziarah adalah penerjemah bahasa isyarat, kereta dorong, alat bantu dengar dan kurai roda listrik.

Indonesiainside.id, Makkah — Bahasa Isyarat, Al-Quran Braille dan kursi roda listrik adalah salah satu fasilitas baru yang akan ditawarkan di Makkah dan Madinah untuk membantu para peziarah penyandang cacat saat melakukan Haji dan Umrah.

Seorang pejabat Saudi menggambarkan jamaah yang memiliki kekurangan fisik sebagai “mereka yang sangat termotivasi dengan semangat luar biasa”. Layanan yang ditawarkan untuk memfasilitasi ibadah mereka dan untuk mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi selama jam sibuk.

Ahmed Al-Burqati, yang bertugas membantu para peziarah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, mengatakan kepada Arab News bahwa ada pintu masuk khusus untuk orang-orang cacat. Ini untuk memudahkan mereka memasuki ruang isolasi, termasuk lantai dasar dan lantai pertama Masjid Suci.

Beberapa ketentuan lain yang disediakan termasuk pena yang membantu peziarah membaca Al-Quran dan membantu membawa dan menahan Al-Quran untuk yang tidak berhasil. Salinan Al-Quran Braille dan buku-buku agama lainnya juga tersedia. Selain itu, ada juga pejabat yang ditugaskan untuk membantu para peziarah selama sholat dan ke tempat-tempat di dalam masjid, tambahnya.

Ahmed Badawi, seorang peziarah asal Mesir yang melakukan ibadah Umrah, berbagi dengan Arab News bahwa dia tidak mengharapkan layanan seperti itu di halaman Masjid Suci.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here