Sudan Sebut Kunjungannya ke Suriah untuk Satukan Dunia Arab

Omar al-Bashir merupakan pemimpin Liga Arab pertama yang mengunjungi Suriah sejak pemerintah negara ini membunuhi rakyatnya sendiri.

Indonesiainside.id, Kharthoum — Wakil Presiden Sudan Faisal Hasan Ibrahim mengatakan tujuan kunjungan Presiden Sudan Omar al-Bashir ke Damaskus adalah untuk “menyatukan barisan negara-negara Arab”.

“Kunjungan Presiden Bashir ke Suriah bertujuan untuk memimpin persatuan barisan orang-orang Arab,” ungkap Ibrahim kepada stasiun TV Al-Syuruq sebagaimana dikutip Anadolu Agency.

Ibrahim mengatakan selama ini negara-negara Arab menunjukkan sikap pasif terhadap krisis di Suriah.

“Kunjungan resmi Sudan tersebut bertujuan untuk mengatasi krisis di Suriah,” ujar dia.

“Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengakhiri konflik di Suriah baik dengan campur tangan pihak di kawasan maupun internasional,” tukas Ibrahim.

Sudan juga, kata Ibrahim, berkeinginan untuk menutupi luka-luka yang dialami Suriah serta menyatukan barisan-barisan Arab.

Presiden Sudan Bashir pada hari Minggu kemarin melakukan pertemuan mendadak dengan pemimpin rezim Suriah Bashar al-Assad selama beberapa jam di Damaskus, ibu kota Suriah.

Kunjungan Bashir ke Damaskus untuk bertemu dengan Bashar al-Assad itu dianggap sebagai sebuah “kejutan”, di mana para pengamat diplomatik mencatat bahwa Presiden Sudan merupakan pemimpin Arab pertama yang mengunjungi negara itu selama sekitar 8 tahun terakhir.

Hari Senin lalu, Presiden Sudan Omar al-Bashir mengunjungi rezim Bashar al Assad di Suriah sejak perang dimulai hampir delapan tahun lalu.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here