Musisi Jazz Bermain Gitar Selama Oprasi Bedah Otak

Musa Manzini operasi sambil main gitar (Foto: Courtesy)

Musisi jazz asal Afrika Selatan Musa Manzini tidak asing dengan penggemar jazz dunia. Namun, pertunjukan yang ia lakukan pada hari Sabtu (23/12) di rumah sakit adalah yang paling istimewa.

Indonesiainside.id, Jakarta — Musisi yang juga dosen sebuah universitas ini menjalani fase operasi selama enam jam untuk mengangkat tumor otaknya. Menariknya, ia tetap bermain gitar dikelilingi petugas medis ketika prosedur bedah berlangsung, kutip Reuters, (22/12).

Keputusan ini dilakukan dan atas izin dokter di Kota Durban untuk memeriksa area otak Manzini yang digunakan untuk bermain musik, serta memulihkan bagian otak yang berfungsi untuki menggerakan jari, yang terfinfeksi tumor.

“Saya merasa sangat aneh dan tidak nyaman,” kata Manzini kepada Reuters seminggu pasca-pembedahan. “Di antara kondisi anestesi, sadar dan mendengar suara alat bedah di kepalaku…sangat sulit untuk berkonsentrasi.”

Dokter memutuskan untuk membuat Manzini tetap sadar untuk melihat area otak mana yang berfungsi saat operasi berlangsung, membantu mengurangi risiko kerusakan neurologis.

Menurut Associated Press, prosedur ini telah dilakukan di beberapa negara lain, di mana musisi terlibat dalam memainkan alat musik atau bernyanyi selama prosedur.

Pada 2015, seorang musisi memainkan saksofon saat menjalani operasi otak di Spanyol. Pada tahun 2014 di Belanda, seorang penyanyi opera bernyanyi saat menjalankan oprasi otak. Penyanyi opera asal Slovenia mengunggah pengalamannya menjalani bedah otak yang unik di University Medical Center Utrecht, Belanda . Selama pembedahan, Ambroz Bajec-Lapajne diminta menyanyi kepada para dokter dalam ruang operasi.*

(Nur Cholis)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here