Turki Menyediakan Bantuan Makanan untuk Yaman

Bantuan Bulan Sabit Merah Turki ke Yaman (Foto: Anadolu)

Yaman telah dilanda konflik sejak 2014, ketika milisi Syiah yang didukung Iran menyerbu sebagian besar negara, termasuk Ibu Kota Sana’a

Indonesiainside.id, Ankara — Sebuah organisasi bantuan Turki mendistribusikan 500 paket bantuan makanan di kota selatan Lahij, Agensi Anadolu melaporkan.

Bulan Sabit Merah Turki mendistribusikan bantuan kepada orang-orang yang telah meninggalkan rumah mereka di ota pesisir Hodeida Yaman karena konflik.

Menurut data dari Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), sekitar 17.350 keluarga terpaksa mengungsi dari Hodeida antara Juni dan Juli.

Kota Hodeida adalah jalur hidup utama bagi warga sipil Yaman yang dikepung dengan sejumlah besar bantuan kemanusiaan mengalir melalui kota pelabuhan.

Yaman telah dilanda konflik sejak 2014, ketika milisi Syiah yang didukung Iran menyerbu sebagian besar negara, termasuk Ibu Kota Sana’a, yang memaksa pemerintah untuk berlindung sementara di kota pesisir Aden.

Pada 2015, Arab Saudi dan beberapa sekutu Arabnya meluncurkan kampanye udara besar-besaran di Yaman yang bertujuan mengambil alih dari Houthi.

Sementara koalisi yang dipimpin Saudi telah berhasil merebut beberapa wilayah kembali dari Houthi, kelompok pemberontak yang beralisan Syiah ini tetap kuat dalam perlindungan di Sanaa dan di bagian lain negara itu.*

(Nur Cholis)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here