Trump: Arab Saudi Akan Membayar Pembangunan Kembali Suriah

Arab Saudi mulai melunak dengan Rezim Bashar namun mengingatkan Negara itu untuk menjauh dari Iran

Indonesiainside.id, Jakarta — Presiden AS Donald Trump hari Senin mengatakan Arab Saudi akan membantu merekonstruksi Suriah pasca perang.

“Arab Saudi kini telah setuju untuk menghabiskan uang yang diperlukan untuk membantu membangun kembali Suriah, bukan Amerika Serikat,” demikian cuitan Trump. “Lihat? Bukankah menyenangkan ketika negara-negara yang sangat kaya membantu membangun kembali tetangga mereka, bukannya sebuah Negara Besar, AS, yang berjarak 5.000 mil. Berkat Saudi A!” tulis Trump dikutip laman Newsweek, Selasa (24/12).

Komentar presiden AS itu muncul setelah, hari Rabu (19/12), dimana dia mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan menarik sekitar 2.000 tentaranya dari Suriah, setelah panggilan telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Kedua pemimpin sepakat tentang perlunya koordinasi yang lebih efektif atas negara yang dilanda perang.

Laporan menyarankan pasukan A.S. akan pergi dalam 60 hingga 100 hari.

Keputusan Trump untuk menarik diri dari Suriah diikuti dengan pengunduran diri dari kepala pertahanannya James Mattis dan utusan khusus presiden untuk koalisi global untuk mengalahkan Daesh, Brett McGurk.

Penarikan itu dilakukan menjelang kemungkinan operasi militer Turki di timur laut Suriah terhadap kelompok teroris YPG / PKK.

AS dan Arab Saudi dianggap pendukung utama kelompok opisisi melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad yang didukung Rusia dan Iran, mengurangi dukungan mereka ketika pasukan oposisi mulai kehilangan wilayah untuk memisahkan serangan oleh Daesh dan serangan pemerintah pro-Suriah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here