Mahathir: Bersatu Akan Dikenal Sebagai Partai Melayu

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Mahathir mengatakan UMNO dihancurkan oleh pemimpin yang rakus dan menganggap manusia dibeli dengan uang

Indonesiainside.id, Jakarta — Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamad mengatakan penting bagi pemimpin partainya untuk dikenal sebagai Partai Melayu.

Mahathir, yang juga Ketua Partai Pribumi Melayu Bersatu Malaysia (Bersatu) kepada media lokal, percaya bahwa mereka membutuhkan partai yang melindungi kepentingan mereka.

Ditanya apakah Paratai Bersatu dapat bersaing dengan Umno dalam memenangkan pemungutan suara Melayu, Mahathir mengatakan UMNO lemah setelah Pemilihan Umum ke-14, ujarnya dikutip Kantor Berita Bernama.

Mahathir menambahkan bahwa orang Melayu dan Bumiputera (Pribumi) dapat menjadi anggota Bersatu, tetapi mereka harus berdedikasi untuk melayani negara.

Bersatu, lanjutnya, memiliki kekuatan yang sama dengan partai-partai komponen lainnya di Pakatan Harapan (PH), meskipun hanya memegang 13 kursi di kabinet pemerintah Malaysia saat ini.

Mahathir, menambahkan, Bersatu akan menjadi pelindung orang Melayu. Namun, dia mengatakan partai itu hanya pelindung sementara karena pelindung sebenarnya adalah orang Melayu sendiri.

“Hari ini orang-orang Melayu dalam keadaan tidak pasti dan kehilangan bagian mereka. Partai mereka (UMNO) kalah dan hancur secara efektif, tidak ada lagi.”

Menurutnya, para pemimpin mereka berada dalam konflik dan para ahli tidak tahu apa yang terjadi pada mereka.

“Ada yang keluar dari UMNO, ada yang mencoba menghidupkan kembali UMNO, dan beberapa masih berpikir bahwa sebagai partai politik dapat bergabung dengan partai lain, itu sudah cukup untuk membentuk pemerintahan koalisi dan beberapa pemimpin percaya mereka akan memimpin koalisi baru, “ katanya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here