Rumah Makan Malaysia Terapkan Larangan Merokok Mulai Januari

Malaysia komitmen untuk memastikan masyarakat umum terutama kanak-kanak, wanita dilindungi dari bahaya asap rokok

Indonesiainside.id, Jakarta — Kementrian Kesehata Malaysia menegaskan larangan merokok di rumah makan berdasarkan Amandemen Peraturan-Peraturan Pengawasan Hasil Tembakau 2018 mulai berlaku pada 1 Januari 2019.

“Mulai 1 Januari 2019 semua tempat makan baik yang ber-AC atau tidak telah ditetapkan sebagai tempat dilarang merokok,” ujar Dirjen Kesehatan Kementrian Kesehatan Malaysia, Datuk Dr Noor Hisham Bin Abdullah kepada wartawan di Putrajaya, Selasa.

Dia mengatakan amandemen peraturan tempat makan ini dibuat dibawah Peraturan 11, Peraturan-Peraturan Pengawasan Hasil Tembakau (PPKHT 2004) yang bertujuan untuk melindungi publik terutama golongan bukan perokok daripada paparan bahaya asap rokok.

Peraturan tersebut juga selaras dengan komitmen Malaysia kepada Artikel 8, World Health Organization (WHO) Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) atau Konvensi Kerangka Kerja Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang Pengendalian Tembakau (FCTC).

Selain itu juga bertujuan untuk membudayakan praktek tidak merokok di kalangan masyarakat Malaysia dengan membatasi kawasan merokok terutama di kawasan publik.

“Maksud amandemen peraturan ini, publik diminta untuk tidak merokok di semua tempat makan baik yang ber-AC maupun tidak, ini termasuk di dalam dan luar bangunan kawasan kedai makan, restoran dan juga medan selera (tempat makan yang didirikan pemerintah),” katanya.

Larangan ini juga meliputi semua gerai-gerai makan dan kendaraan bergerak atau “food truck” yang menyediakan meja dan kursi untuk makan dan minum serta semua restoran yang berada di atas kapal dan kereta api.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here