Sheikh Hasina Memenangkan Pemilu Bangladesh

Oposisi Bangladesh yang dipimpin oleh Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) menolak hasil Pemilu karena banyaknya kecurangan

Indonesiainside.id, Jakarta — Komisi Pemilihan Umum Bangladesh menyatakan bahwa partai berkuasa Liga Awami pimpinan Perdana Menteri Sheikh Hasina telah memenangi pemilu sehingga Hasina dapat menjabat untuk ketiga kalinya.

Pemilu ditandai tuduhan kecurangan dengan sejumlah bentrokan berdarah antar aktivis partai saat pencoblosan, dan mengakibatkan setidaknya 17 orang meninggal dunia.

Partai aliansi Hasina dengan mudah mengungguli 151 kursi yang diperlukan untuk membentuk pemerintah, menurut Channel 24, 31 Desember 2018, yang mengumpulkan hasil jajak pendapat dari seluruh negarakutip AFP.

Koalisi oposisi Bangladesh yang dipimpin oleh Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) menolak hasil Pemilu pada hari Minggu yang menunjukkan Perdana Menteri Sheikh Hasina menjelang pemilihan.

Pemimpin oposisi Kamal Hossain mengatakan bahwa karena ada banyak penipuan dan penyimpangan, partai menuntut pemilihan diadakan lagi.

“Beberapa jam setelah proses pemungutan suara berakhir, sekitar 100 kandidat dari oposisi telah mundur dari kontes,” katanya.

Dia mengatakan koalisi oposisi akan mengadakan pertemuan pada hari Senin untuk membahas langkah selanjutnya yang akan diambil.

Kamal mengatakan harus ada pemilihan baru sehingga dapat membentuk pemerintahan yang independen sesegera mungkin.

“Kami menuntut pemilihan baru diadakan di bawah pemerintahan sementara netral, non-partai netral, sesegera mungkin, sesegera mungkin,” tambahnya.

Dari awal, pemilihan ini diharapkan untuk melihat Sheikh Hasina mempertahankan kekuasaan untuk masa jabatan ketiga berturut-turut.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here