Tentara Nasional Yaman Bebaskan Daerah Sarawah

Yaman terjerumus perang pada 2014, ketika pemberontak Syiah Al-Houthi merebut sebagian besar wilayah negeri itu

Indonesiainside.id, Jakarta — Tentara Nasional Yaman mengumumkan pasukannya telah membuat kemajuan di lapangan di Direktorat Sarawah di Gubernuran Marib, Yaman Barat, dan mendekati pusat Direktorat tersebut.

Satu sumber militer Yaman mengatakan, “Prajurit militer merebut kembali Al-Groon Tibet, yang berada di atas Kota Sarawah, sementara anggota Al-Houthi bersenjata menyelamatkan diri setelah serangan gencar militer.” Sumber tersebut mengatakan satuan militer ditmpatkan di kedua kota besar itu, yang dari pusat kota berjarak sekitar tiga kilometer, kata Kementerian Pertahanan Yaman, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Arab Saudi, SPA.

Pertempuran tersebut menewaskan dan melukai puluhan anggota milisi Syiah Al-Houthi, selain menghancurkan kendaraan mereka.

Sumber militer itu menyatakan senjata artileri militer membom posisi balabantuan Al-Houthi saat mereka dalam perjalanan ke daerah bentrokan sehingga dua kendaraan milisi Al-Houthi rusak dan semua anggota balantuan milisi Syiah tersebut tewas atau cedera.

Sementara itu juru bicara Al-Houthi pada Sabtu mengatakan gerilyawan telah mulai menggelar kembali anggotanya di Kota Pantai Yaman, Al-Hodeida.

“Pasukan komite rakyat dan militer pada Jumat malam memulai tahap pertama penggelaran kembali di Al-Hodeida,” kata Brig. Jend. Yahya Sari di dalam satu pernyataan yang dikutip oleh kantor berita yang dikuasai Al-Houthi, Saba.

Ia mengatakan penggelaran kembali tersebut adalah bagian dari kesepakatan yang diperantarai PBB dengan pemerintah yang dicapai selama pembicaraan perdamaian di Swedia pada awal Desember.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here