Mike Pompeo: Penarikan Pasukan di Suriah Tak Pengaruhi Hubungan dengan Israel

Mike Pompeo dan Benyamin Netanyahu. Foto: Istimewa.

Benjamin Netanyahu mengatakan dia berencana untuk membahas upaya untuk meningkatkan hubungan intelijen

Indonesiainside.id, Jakarta — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan penarikan pasukan AS di Suriah tak akan mempengaruhi hubungan dengan Israel di wilayah tersebut.

“Keputusan di Suriah sama sekali tidak mengubah apa pun yang sedang dilakukan pemerintahan ini bersama Israel. Kampanye kontra-ISIS berlanjut, upaya kami untuk melawan agresi Iran terus berlanjut, dan komitmen kami untuk stabilitas Timur Tengah dan perlindungan Israel berlanjut dengan cara yang sama sebelum keputusan itu dibuat,” kata Pompeo, seperti dilansir Sputnik hari Rabu (02/01/2019).

Pernyataan Pompeo ini disampaikan setelah bertemu Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu di sela-sela pelantikan Presiden Brazil, Jair Bolsonaro.

Sementara Benjamin Netanyahu mengatakan dia berencana untuk membahas upaya untuk meningkatkan hubungan intelijen dan kerja sama operasi di Suriah dan lokasi lain untuk mencegah ‘terorisme’ Iran.

“Kerja sama AS dengan Israel tidak akan berubah. Kampanye untuk memerangi Daesh terus berlanjut, upaya untuk mengatasi kekerasan Iran terus berlanjut, komitmen stabilitas Asia Barat terus berlanjut.

“Perlindungan Israel berlanjut seperti sebelumnya sebelum keputusan (penarikan pasukan AS) dibuat,” kata Pompeo.

Bulan lalu, Trump mengumumkan bahwa ia berencana untuk menarik pasukan AS dari Suriah dengan menyatakan mereka menang Daesh.

(Nurcholis)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here