Diplomat Korea Utara Mencari Suaka Dan Membelot Ke Italia

Bendera Korea Utara (ilustrasi). Foto: Istimewa

Sepertinya Korea Utara tidak akan mengirim duta besar ke Italia dalam waktu dekat

Indonesiainside.id, Jakarta — Diplomat penting Korea Utara Jo Song-gil mencari suaka di Italia dan membelot bersama keluarganya, demikian menurut, sumber-sumber diplomatik yang tak disebut namanya di Seoul sebagaimana dikutip harian Korea Selatan JoongAng Ilbo.

“Dia mencari suaka pada awal Desember,” kata JoongAng mengutip satu sumber, Kamis (03/01/2019).

“Otoritas Italia juga mengatakan mereka melindungi dia dan keluarga di tempat yang aman,” katanya.

Jo (48) menjabat sebagai pelaksana tugas Duta Besar Korut untuk Italia sejak Oktober 2017. Jabatan itu disandang setelah Italia mengusir Dubes Korut Mun Jong-nam sebagai bentuk protes uji coba nuklir yang berulang kali dilakukan Pyongyang, kutip laman koreaherald.com.

Jo berada di Roma sejak Mei 2015. Saat pertama kali tiba di Italia Jo membawa anak istrinya.

Kedutaan Korea Utara di Italia, yang dibuka pada Juli 2000, terdiri dari tim yang terdiri dari empat orang: Jo dan seorang diplomat lain yang menangani urusan politik, ditambah dua pejabat yang berurusan dengan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB.

Jo diyakini sebagai putra atau menantu dari salah satu pejabat tingkat tertinggi di rezim Korea Utara, kata harian itu, mengutip pakar Korea Utara yang tidak disebutkan namanya.

Sepertinya Korea Utara tidak akan mengirim duta besar ke Italia dalam waktu dekat, kata Kantor Berita Yonhap, mengutip para pejabat di Kedutaan Korea Selatan di Italia.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here