Sultan Muhammad V Mundur Dari Singgasana

Oleh: Nurcholis

Pengunduran diri terjadi saat masyarakat membicarakan kehidupan pribadinya setelah menikahi bekas ratu kecantikan Moskow, dengan selisih usia 24 tahun

Indonesiainside.id, Jakarta — Sultan Muhammad V mengundurkan diri sebagai Yang di-Pertuan Agong XV hari Minggu kemarin.

Pengawas Rumah Tangga Kerajaan Wan Ahmad Dahlan Abdul Aziz, mengatakan pengunduran dirinya sejalan dengan Pasal 32 (3) Konstitusi Federal.

Dia mengatakan telah menginformasikan masalah ini secara resmi kepada Yang Mulia Raja melalui surat yang dikirim ke Sekretaris Konferensi Penguasa.

“Untuk menghormati Yang Mulia Raja Yang di-Pertuan Agong XV, Sultan Muhammad V, dengan ini Istana Negara menginformasikan bahwa Yang Mulia mengundurkan diri sebagai Yang di-Pertuan Agong XV dari 6 Januari (Minggu) atau 29 Rabiulakhir 1440H menurut Pasal 32 (3) Konstitusi Federal.

“Selama masa jabatannya sebagai Yang di-Pertuan Agong, ia berupaya memenuhi tanggung jawab dan keyakinannya sebagai Kepala Negara, yang berfungsi sebagai pilar stabilitas, sumber keadilan, landasan persatuan yang kokoh dan payung di antara rakyat.

“Yang Mulia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Yang Mulia Penguasa yang memilihnya sebagai Yang ke-Pertuan Agong ke-15 sejak 13 Desember 2016,” katanya dalam sebuah pernyataan dikutip Berita Harian.

Ahmad Dahlan mengatakan bahwa Sultan Muhammad V menyampaikan apresiasinya kepada Perdana Menteri dan pemerintah yang memberikan kerja sama dalam memerintah negara.

Dia mengatakan Sultan Muhammad V sebagai Panglima Angkatan Bersenjata juga bangga dengan pengorbanan dan kesetiaan yang ditujukan kepada raja dan negara selama bertahun-tahun.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here