Mesir Akan Jadi Tuan Rumah Piala Afrika 2019

Mohamed Salah, Foto: Aaj News

Oleh: Nurcholiis

Turnamen ini untuk pertama kalinya diikuti 24 tim, hampir separuh dari anggota CAF yang mencapai 56 asosiasi sepak bola Negara Afrika.

Indonesiainside.id, Jakarta — Mesir akan menjadi tuan rumah Piala Afrika 2019 yang akan berlangsung dari 15 Juni hingga 13 Juli, menurut Ahmad Ahmad, presiden Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) hari Selasa (8/1).

Komite Eksekutif CAF lebih memilih Mesir dari pada Afrika Selatan sebagai tuan rumah untuk menggantikan Kamerun yang gugur karena alasan keamanan dan menunda persiapan menjelang turnamen.

Turnamen ini akan diikuti 24 tim dan sedianya digelar di Kamerun pada Juni – Juli, tetapi bulan lalu keputusan itu dianulir setelah melihat lambatnya persiapan yang dilakukan negara yang berstatus juara bertahan itu, di final 2 tahun lalu menang 2 – 1 atas Mesir.

Dikutip BBC, hanya ada dua negara yang mengajukan menjadi tuan rumah yaitu Mesir dan Afrika Selatan. Mesir pun hanya memiliki waktu enam bulan untuk mempersiapkan Piala Afrika 2019.

Ahmad membuat pengumuman beberapa jam setelah CAF menyatakan bahwa mereka tidak akan melakukannya sebelum hari Rabu untuk memastikan bahwa media dapat berkonsentrasi pada upacara penghargaan yang akan diadakan di Dakar, Senegal pada hari Selasa.

Ini adalah yang kelima kalinya Mesir menjadi tuan rumah Piala Afrika sejak 1959, dikemukakan Presiden CAF Ahmad saat jumpa pers di Dakar.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here