Austria Melarang Penggunaan Kantong Plastik Sekali Pakai

Oleh: Nurcholis

Di Austria, pada tahun 2020 penggunaan kantong plastik akan dilarang keras untuk mengurangi limbah plastik dan melindungi lingkungan.

Indonesiainside.id, Jakarta — Perdana Menteri Sebastian Kurz mengadakan konferensi pers setelah pertemuannya dengan beberapa menteri, pebisnis dan perwakilan organisasi non-pemerintah di Wina, Austria.

Kurz mengatakan pemerintah telah memutuskan untuk melarang penggunaan tas platinum sekali pakai untuk pencegahan limbah plastik dan “satu-satu pemahaman”.

Menteri Lingkungan Hidup dan Pariwisata Elisabeht Kostinger mencatat bahwa dengan larangan penggunaan kantong plastik, mereka mengambil langkah kecil namun penting menuju penciptaan masyarakat dalam penggunaan sekali pakai.

Kostinger menyatakan bahwa sekitar 400 juta kantong plastik digunakan di seluruh negeri, setara dengan rata-rata 7 ribu ton plastik, katanya.

“Penting bagi kita untuk menggunakan tas sekali pakai dan tas sekali pakai yang terbuat dari bahan permanen dan dapat digunakan kembali, bukan sekali pakai,” katanya dikutip TRTWorld.

Berbagi informasi bahwa penggunaan kantong plastik akan dilarang pada tahun 2020, Köstinger mengatakan bahwa tindakan yang diperlukan akan diambil untuk pelaksanaan larangan tersebut.

Beberapa rantai pasar ritel di negara tersebut merespons keputusan tersebut. (Cak)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here