Penutupan Pemerintah AS Pecahkan Rekor Terlama

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Foto: TheHill

Oleh: Nurcholis |

Penutupan sebagian pemerintahan Amerika Serikat menjadi penutupan pemerintah federal terlama dalam sejarah AS

Indonesiainside.id, Jakarta — Penutupan pemerintah pusat kali ini terkait dengan tuntutan Presiden Donald Trump untuk mendapatkan dana 5,7 miliar dolar AS (lebih dari Rp80,2 triliun) guna membiayai pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

Penutupan pemerintahan, yang dimulai pada 22 Desember 2018, memecahkan rekor keadaan yang sama dalam beberapa dasawarsa terakhir, yakni ketika pemerintahan AS ditutup selama 21 hari pada periode 1995-1996 di bawah kepemimpinan Presiden Bill Clinton.

Trump, yang mengurung diri di Gedung Putih sementara Kongres berada dalam keadaan reses pada akhir pekan, memperingatkan bahwa kebuntuan itu mungkin berlanjut lebih lama dan ia menyalahkan kubu Demokrat.

“(Pemerintahan tidak akan dapat melakukan kegiatan, red) untuk waktu yang lama kecuali kalau Demokrat sudah datang dari ‘liburan’ mereka dan kembali bekerja,” cuitnya.

Demokrat mengatakan Trump menutup pemerintahan karena “mengamuk”, yaitu dengan menolak menandatangani pengesahahan anggaran tahun lalu, yang tak termasuk dana yang diinginkan presiden untuk mendirikan tembok perbatasan.

Para pegawai federal, yang terkena dampak penutupan pemerintah, pada Jumat (11/1) untuk pertama kali tidak mendapat pembayaran gaji.

Keadaan itu mempertinggi kekhawatiran soal peningkatan tekanan keuangan terkait para pegawai, termasuk pengawas lalu lintas udara serta petugas keamanan bandar udara yang terus bekerja tanpa digaji.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here