Kurang Dana, Badan Pangan Dunia Kurangi Bantuan Makanan Ke Palestina

Seorang pria Palestina mengangkat tepung ke gerobak di luar pusat distribusi Program Pangan Dunia PBB. Foto: AP/Khalil Hamra

Oleh: Nurcholis |

Sekitar 27.000 warga Palestina tak lagi menerima bantuan makanan melalui program PBB, di tengah kekurangan dana

Indonesiainside.id, Jakarta — Lembaga Pangan Dunia (WPF) bentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) harus menunda dan mengurangi bantuan kepada warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza yang terjajah karena menghadapi kekurangan dana dana bantuan, demikian kata seorang pejabat.

Dikutip Al Jazeera Hari Senin, (14/1) Direktur WFP Wilayah Palestina, Stephen Kearney, memberi tahu sekitar 27.000 warga Palestina tidak lagi menerima bantuan sejak tanggal 1 Januari 2019.

165.000 lain, termasuk 110.000 di Gaza, hanya menerima 80 persen dari jumlah biasa atau dipotong 20 persen dari bantuan sebelumnya.

Langkah itu dilakukan setelah kerugian WFP yang diterima secara bertahap hampir empat tahun lalu.

Krisis telah memburuk setelah kontributor terbesar, Amerika Serikat (AS), juga telah mengurangi pemberian dana kepada WFP untuk bantuan pangan bagi Palestina.

Tahun 2018, WFP membantu 250.000 orang di Gaza dan 110.000 di Tepi Barat.

Di desa Yatta dekat Hebron di Tepi Barat selatan, Maha Al-Nawajah mengatakan dia membeli lebih sedikit kebutuhan.

“Pada bulan Desember, mereka tidak memperpanjang kartu saya,” kata ibu berusia 52 tahun itu, merujuk pada kartu WFP yang memungkinkannya membeli bahan makanan untuk 12 anggota keluarga besarnya.

Dia mengatakan anggota keluarga kini menganggur.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here